-->

Wednesday, September 20, 2017

Beberapa Domain TLD

Kali ini saya akan sharing sedikit tentang "Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD (Top Level Domain)" pasti banyak sorang blogger yang memakai domain TLD (Top Level Domain) untuk sebuah situs blognya pada dasarnya domain TLD ini dipakai untuk sebuah website perusahaan, bisnis, forum, dll. Tapi sekarang domain TLD banyak dipakai untuk para blogger karna mempunyai kelebihan yang bersar maupun kekurangan juga tentunya.


Apa yang dimaksud dengan TLD (Top Level Domain)

Penggunaan domain dibagi menjadi 2 bagian, yang petama ialah TLD (Top Level Domain), dan yang kedua adalah sub domain (Domain bawaan dari paltfrom blog yang digunakan).

Kebanyakan orang akan bingung hendak melakukan migrasi sub domain menjadi sebuah domain TLD. Mereka akan merasa bingung saat hendak memilih jenis domain TLD yang pas dan cocok untuk digunakan pada blog mereka, karena domain TLD bukan hanya berfungsi sebagai pemersingkat alamat blog saja, melainkan bisa juga untuk memberikan informasi atau spesifikasi mengenai topik dan isi apa saja yang ada di blog/website tersebut.

Beberapa jenis Domain TLD

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari menggunakan domain TLD ada baiknya saya akan mengasihtau terlebih dahulu beberapa domain TLD yang bisa dan direkomendasikan untuk dipergunakan pada blog/website
Domain TLD


  1. .com
    Top Level Domain yang pertama ini adalah yang paling terkenal dan sering dipergunakan ".com" memiliki arti Comercial sehingga sangat cocok untuk dipergunakan pada website atau blog yang memeliki kepentingan komersial atau perusahaan, tetapi domain TLD ini cocok juga jika dipergunakan untuk website maupun blog pribadi anda.
  2. .net
    Top Level Domian yang ini sebenarnya lebih diperuntukan untuk website dan blog yang mempunyai keterkaitan dengan infrastruktur jaringan, domain ini merupakan domain TLD yang paling sering dipergunakan setelah domain .com .
  3. .biz
    Seperti namanya, domain .biz merupakan sebuah TLD yang diperuntukan untuk anda yang ingin membuat sebuah website bisnis.
  4. .org
    Untuk anda anda yang mempunyai sebuah organisasi, maka domain inilah untuk anda yang cocok untuk website anda adalah .org . Domain yang satu ini memang diperuntukan untuk sebuah website organisasi, dan merupakan salah satu domain TLD yang terpopuler.
  5. .edu
    Domain yang satu ini merupakan domain yang umumnya digunakan oleh website pendidikan yang memakai domain .edu
  6. .gov
    Domain .gov adalah sebuah domain TLD yang digunakan untuk situs / website pemerintahan negara yang dikhusus kan untuk Amerika Serikat.
  7. .info
    Domain ini adalah domain TLD yang tidak jauh beda dengan domain .com bedanya domain .info di khususkan untuk website / blog yang hanya menampilkan informasi informasi saja.
  8. .xyz
    Merupakan sebuah TLD yang bisa dikatakan baru. Walaupun dibilang domain baru, tetapi domian ini merupakan sebuah domain TLD yang sangat populer bagi kalangan blogger. Bahkan domain .xyz dapat anda miliki dengan harga yang cukup murah. Sampai saat ini pin anda dapat memiliki sebuah domain .xyz di situs penyedia domain dengan harga 15 ribu rupiah saja hihihi.
Diatas adalah Domain TLD yang bersifat global, sedangkan yang bersifat kenegaraan /ccTLD seperti:


  • .id: Domain yang dipergunakan oleh negara Indonesia
  • .uk: Domain yang dipergunakan oleh negara United Kingdom (Inggris)
  • .sg: Domain yang dipergunakan oleh negata Singapura
  • .my: Domain yang dipergunakan oleh negara Malaysia
  • .jp: Domain yang dipergunakan oleh negara Jepang
  • .hk: Domain yang dipergunakan oleh negara Hongkong
  • .th: Domain yang dipergunakan oleh negara Thailand
dan lain lain.

Kelebihan menggunakan Domain TLD

  1. Memberikan kepuasan tersendiri
    Saat anda mengganti sub domain bawaan tentu pernah merasa risih kerena sub domain yang digunakan tidak bagus hingga membuat anda malas mengelola blog tersebut, karena ketidak sukaan akan sun domain anda memutuskan untuk menyewa sebuah hosting domain TLD yang mana membuat anda merasa puas karena berhasil mendapatkan domain yang anda sukai.

    Dan akan menguntungkan lagi karena anda akan semakin semangat dalam mengelola blog berkat kehadiran domain TLD yang telah anda sewa.

  2. Membuat alamt blog mudah diingat
    Kelebihan lain dari penggunaan domain TLD, yaitu menyingkat alamt blog anda (kayak blog saya yang dulunya syntax404.blogspot.co.id menjadi syntax404.tk) dan memudahkan pengunjung dalam mengingat nama atau alamat blog anda.
    Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh dalam keuntungan anda karena jika pengunjung dapat dengan mudahnya mengingat nama blog.

  3. Blog akan terlihat professional
    Dengan mengganti sub domain bawaan blog menjadi sebuah domain TLD, maka blog yang anda kelola semakin terlihat professional.

  4. Semakin rajin update artikel
    Selain karena faktor kepuasan tersendiri, dengan kehadiran domain TLD maka dipastikan anda akan semakun rajin dalam mempostingkan artikel dan mengelolah blog anda saya pastikan itu hihihih.
Kekurangan menggunakan Domain TLD

  1. Harga sewa tahunan yang cukup mahal
    Domain memang tidak bisa dibeli selamanya tetapi bisa disewa dalam jangka waktu yang cukup lama sama sepertinya kita menyewa rumah hehehe.
  2. Susahnya mendapatkan domain yang diinginkan
    Kekurangan kedua ialah susahnya mendaftarkan alamt blog dengan nama domain yang diinginkan atau kita ingin membuat nama domain seperti blog contohnya: "iniblogya.blogspot.com" belum tentu ada nama domain yang seperti itu kita dapat daftarkan.

  3. Rank blog akan hilang dan perlu waktu untuk memulihkannya
    Ini dia alasan untuk menggunakan domain TLD sejak awal. Jika anda memutuskan untuk menyewa domain setelah blog yang anda kelola terkenal, maka segala macam backlink dan rank yang sudah anda kumpulkan saat masih menggunakan sub domain akan hilang dan sirna.


Oke Itu saja dari saya tentang "Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD (Top Level Domain)" apakah anda tertarik dengan domain TLD? kalau dibilang minat sih minat tapi uang nya ini sekarang belum mendukung hehehe jadi curhat saya.
Semoga bermanfaat ya anda anda semua ya artikel dari saya, Akhir kata dari saya Terimakasih atas kunjungan anda dan jangan lupa untuk share ke akun sosial media anda yang ada dibawah dan jangan lupa juga comment dibawah ya, Sampai jumpa di postingan berikutnya oke!

Berkomentarlah Dengan Baik!
EmoticonEmoticon